30.4 C
Indonesia
Jumat, Februari 23, 2024

Sandiaga Uno Ajak UMKM Mejeng di Event G20 dan NFT

Must read

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak kepada pelaku usaha di Indonesia untuk mengikuti beberapa kegiatan yang sedang dikembangkan oleh Kemenparekraf untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Sandiaga, yang pertama, para pelaku usaha dapat mengikuti event-event besar kelas dunia dan event seperti G20.

“Kita ada beberapa program yang sedang kita kembangkan, terutama berbasis event. Event ini memberikan kesempatan ruang bagi para pelaku seni untuk bisa men-showcase karya seni setelah beberapa tahun pandemi. Event itu seperti acara G20 dan event besar kelas dunia lainnya,” kata Sandiaga dalam Acara Workshop Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 12 Mei 2022.

Kedua, Sandiaga menyarankan agar para pelaku usaha dapat menjual karyanya lewat digitalisasi marketing seperti NFT.

“Lalu yang kedua, bisa dimanfaatkan melalui penggunaan digitalisasi seperti NFT dan bagaimana meng-on boarding produk – produk seni rupa ini melalui pendekatan kekinian terutama yang berkaitan dengan transformasi digitalisasi,” tambah Sandiaga.

Ia menambahkan, dalam NFT tersebut para pelaku usaha dapat memaksimalkan hasil karya mereka, karena NFT menjadi fenomena tersendiri bagi Indonesia.

“Jadi kalau misalnya ini ada desain, dibuatkan NFT-nya dan mungkin bisa ditaruh di salah satu metaverse agar menjadi peluang,” tutupnya.

Sebelumnya, Sandiaga menegaskan acara workshop ini digelar bertujuan untuk memberikan inovasi serta mewujudkan harapan masyarakat bahwa pemerintah hadir dan turut serta membantu pulihkan ekonomi para pelaku UMKM akibat pandemi.

Ia juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk selalu memperhatikan UMKM serta industri kreatif lainnya agar lebih berinovasi dan berkembang.

“Kita hadir disini dalam acara workshop ini bertujuan untuk lebih dekat lagi dan mengembangkan ekonomi sehingga kita bisa lebih maju, bisa pulihkan usaha kita setelah diterpa pandemi covid-19,” kata Sandiaga Uno 

Terdapat banyak sub sektor bidang usaha yang hadir dalam acara tersebut, yaitu sub sektor seni rupa, kuliner, fashion dan kerajinan tangan (kriya).

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article