26.4 C
Indonesia
Jumat, Februari 23, 2024

Sandiaga Pacu Kreativitas UMKM Ekraf Lewat Workshop Inovasi dan Kewirausahaan di 35 Daerah

Must read

TEMAN SANDI – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong peningkatan kreativitas dari pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif (ekraf) di setiap daerah. Salah satunya dengan menggelar workshop program Kabupaten/Kota atau KaTa Kreatif Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, rangkaian workshop dilaksanakan di kabupaten Lombok Tengah pada 21 Februari hingga bulan September mendatang di beberapa kota lainnya. Workshop menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif yang sudah sukses serta menginspirasi yang akan langsung berbagi pengalaman dengan para pelaku UMKM ekraf.

“Jadi kita akan hadirkan mereka yang sukses dan diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi mereka,” ujarnya, Rabu (23/2/2022).

Sandiaga mengharapkan para pelaku UMKM yang mengikuti workshop inovasi dan kewirausahaan nantinya bisa mengembangkan potensi yang dimiliki melalui program KaTa Kreatif yang menyasar pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Dalam workshop tersebut nantinya peserta akan diberikan tugas yang akan diulas kembali setelah melalui proses monitoring dan evaluasi.

Terkait hal tersebut, untuk mempercepat Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I) dan mengembangkan wawasan serta keterampilan pelaku ekraf di kabupaten/kota, Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekaf tahun ini akan menggelar workshop peningkatan inovasi dan kewirausahaan di 35 kabupaten/kota.

“Sebulan setelahnya akan dimonitoring langsung bersama narasumber secara online. Supaya para peserta yang hadir bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapat dengan arahan langsung dari narasumber level nasional,” tutur Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, Kemenparekraf terus mengembangkan dan menyosialisasikan program KaTaKreatif sebagai wujud komitmen dalam memberikan dukungan dan fasilitasi terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dia pun berharap para peserta workshop ini bisa menjadi pengusaha kreatif yang nantinya bisa menjadi lokomotif ekonomi Indonesia.

Sebagai catatan, saat ini terdapat 63 kabupaten/kota yang mengikuti kegiatan uji petik PMK3I dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Adapun 10 kabupaten/kota di antaranya sudah ditetapkan sebagai Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia sesuai subsektor ekonomi kreatif unggulannya masing-masing.

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article