30.4 C
Indonesia
Jumat, Februari 23, 2024

Sandiaga Minta Penyelenggara Kegiatan Perhatikan Carrying Capacity Pastikan Wisatawan Aman dan Nyaman

Must read

Jakarta  –  Sandiaga Salahuddin Uno dengan tegas meminta penyelenggara kegiatan event untuk dapat mengelola kegiatan secara profesional salah satunya memperhatikan aspek carrying capacity (daya dukung) dari satu kegiatan sehingga mampu menjamin keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan. 

Hal tersebut dikatakan Sandiaga Uno terkait pelaksanaan event “Berdendang Bergoyang” yang terpaksa dihentikan oleh pihak kepolisian karena melebihi kapasitas penonton. 

“Perlu kita sadari bahwa setelah dua tahun, ada satu keinginan yang luar biasa dari masyarakat untuk mengikuti festival atau kegiatan musik, menonton konser, dan banyak kegiatan lain yang bisa mengundang kerumunan. Ini karena dua tahun kita menghadapi situasi pandemi,” kata Sandiaga.

Karenanya peningkatan secara signifikan dari kunjungan penonton ini harus diantisipasi dengan baik oleh pihak penyelenggara kegiatan. Pertama adalah tentang carrying capacity. 

“Event yang diminati pascapandemi harus dikelola dengan fokus kepada carrying capacity, bukan hanya untuk keselamatan tapi juga untuk mendukung faktor-faktor kebersihan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan,” kata Sandiaga.

Selanjutnya penyelenggara kegiatan harus memiliki early warning system untuk bisa memberikan informasi berapa banyak orang di dalam satu kegiatan atau lokasi acara sehingga bisa mengurangi potensi kerumunan. 

“Tentu berikutnya adalah ketersediaan dari P3K, tim kesehatan yang juga harus mumpuni,” kata Sandiaga. 

Kepuasan dari para pengunjung ini akan menjadi barometer karena pihak penyelenggara akan diidentifikasi dengan jenis kualitas dari penyelenggaraan kegiatan. 

“Jadi harus mengacu kepada prinsip atau SOP yang sudah diberikan oleh Kemenparekraf, publikasi, dan sosialisasi yang lebih masif dan terstruktur,” kata Sandiaga. 

“Promotor-promotor ini harus dapat mengikuti, jangan sampai ‘aji mumpung’ begitu permintaannya banyak, jual lebih banyak tiket. Akhirnya orang kegetok dan dan kapok jangan sampai ini terjadi karena ini adalah momentum (kebangkitan ekonomi) yang harus betul-betul kita kawal,” ujar Sandiaga.  

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article