30.4 C
Indonesia
Jumat, Februari 23, 2024

Sandiaga Minta Kota Pekanbaru Tetapkan Subsektor Ekraf Unggulan Masuk Jaringan Kabupaten/Kota Kreatif

Must read

Pekanbaru – Sandiaga Salahuddin Uno meminta pelaku ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru bersama pemerintah kota setempat segera menetapkan subsektor ekonomi kreatif unggulan untuk dapat fokus dikembangkan dan masuk dalam jaringan kabupaten/kota (KaTa) kreatif. 

Sehingga dapat memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat. 

“Kita harus jadikan Pekanbaru sebagai bagian dari kota kreatif, karena Kota Pekanbaru selama ini identik dengan ekonomi ekstraktif. Kita harus bangun ekosistem ekonomi kreatif karena saya melihat tadi produk-produk ekonomi kreatifnya luar biasa,” kata Sandiaga Uno.

Salah satu subsektor yang dapat diunggulkan, kata Sandiaga, adalah subsektor kuliner. Menurutnya Kota Pekanbaru memiliki ragam kuliner dengan rasa yang begitu khas. Mulai dari gulai ikan patin, bolu kemojo, kue bangkit, dan lainnya. 

Ataupun produk ekonomi kreatif fesyen seperti tenun songket yang juga banyak modelnya. 

“Silakan berembug seluruh ekosistem ekonomi kreatif, beri masukan dan tentukan agar kita bisa tetapkan sebagai kota kreatif sehingga bisa berkolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif lainnya,” kata Sandiaga. 

“Sebagai daerah penghasil sumber daya alam terbesar di Indonesia, saatnya juga ekonomi kreatif kita menjadi lokomotif penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” kata Sandiaga. 

Ia mengatakan pelaku kreatif khususnya UMKM harus dapat mengambil peluang di tengah tantangan ekonomi yang saat ini terjadi akibat krisis global. 

“Manfaatkan juga digitalisasi agar pengembangan pemasaran yang lebih terdepan. Termasuk agar bisa masuk dalam e-katalog pemerintah di mana telah dianggarkan oleh pemerintah untuk belanja produk-produk UMKM dan koperasi,” kata Sandiaga. 

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article