30.4 C
Indonesia
Jumat, Februari 23, 2024

Lewat Kolaborasi, Sandiaga Uno Dorong UMKM Naik Kelas

Must read

JAKARTA – Digitalisasi menjadi salah satu pola pikir yang perlu ditanamkan kepada para pelaku UMKM agar dapat beradaptasi dengan perkembangan pasar. Perkembangan digital memungkinkan pelaku usaha kecil dan menengah mengembangkan bisnis.

Banyak kemudahan dan kesempatan yang dapat diraih dengan melakukan digitalisasi. Penjualan produk pada platform lokapasar akan memperluas pemasaran. Digitalisasi juga memberi akses data sehingga produk dapat dipasarkan lebih terarah dan tepat sasaran. UMKM tidak boleh hanya berhenti di zona nyaman karena dunia sudah berubah, semua dilakukan secara online.

Sandiaga Uno mengatakan untuk mendorong ekosistem digital UMKM perlu kolaborasi bersama. Sandiaga mencetuskan program #BangkitBersama untuk membantu UMKM go digital. Sinergi tersebut dilakukan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf) bersama dengan GoTo yang diusung oleh Gojek dan Poltekpar Palembang. Sandiaga berharap, melalui kerja sama ini para pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dengan dukungan inovasi teknologi yang disediakan GoTo. Kolaborasi ini sebagai dorongan untuk peningkatan kualitas UMKM melalui digitalisasi.

“Kami ingin bersama-sama membangkitkan sektor ekonomi, tapi nggak bisa pemerintah sendiri, harus bergabung juga dengan UMKM dan instusi pendidikan,” kata Sandiaga saat menghadiri kajian ekonomi yang digagas oleh Yayasan Indonesia Setara (YIS), di Jakarta, baru-baru ini.

Hadir dalam acara tersebut Chief of Public Relation Policy and Government Relations GoTo, Shinto Nugroho dan Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Zulkifli Harahap.

Kajian ekonomi series tersebut merupakan kajian ke-6 yang diselenggarakan oleh Yayasan Indonesia Setara. Melalui kegiatan ini Sandiaga membantu memfasilitasi peningkatan kualitas pelaku UMKM. “Kita harapkan bisa menghadirkan sebuah dorongan terhadap lapangan usaha dan penciptaan lapangan kerja,” tutur Sandiaga.


More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article